Tata Martino Susul Lionel Messi, Resmi Mundur Dari Timnas Argentina

richuse

Sang pelatih yang dalam dua tahun terakhir membawa Albiceleste menembus dua final ini, menyusul Lionel Messi, yang sebelumnya menyatakan pensiun. Perginya Martino ini menunjukkan ada gejolak besar yang melanda AFA, federasi sepakbola Argentina.
Selama ini, fokus penggemar sepakbola terletak pada pensiunnya Lionel Messi dari timnas Argentina. Sampai-sampai Pele, Diego Maradona, hingga Cristiano Ronaldo membujuk La Pulga untuk mencabut kembali pernyataannya. Namun yang sedikit dilupakan adalah, pernyataan pensiun Messi itu disusul ucapan Sergio Aguero.
Kun, sahabat terdekat Messi di timnas Argentina menyebut, akan ada beberapa pemain yang menyusul Messi untuk tak lagi memperkuat Albiceleste. Dan kini, sebelum nama-nama pemain itu terkuak, Tata Martino sang pelatih sudah terlebih dulu mundur dari jabatannya.
Padahal, catatan Martino sangatlah mengesankan. Sejak menangani Argentina pasca Piala Dunia 2014, tim besutan Martino cuma tumbang sekali di laga kompetitif (tidak menghitung laga ujicoba). Dalam dua Copa America, yaitu 2015 dan 2016, Argentina tidak pernah kalah. Namun, mereka juga tidak pernah menjadi juara. Dalam dua kesempatan itu, Albiceleste tumbang oleh Chile via adu penalti.

Dalam keterangan resmi dari AFA, Tata Martino mundur karena ketidakjelasan tentang pemimpin AFA yang baru, dan masalah serius tentang menyusun nama-nama pemain di Olimpiade Rio 2016. Sebagai catatan, untuk persiapan Olimpiade, baru ada 9 dari 23 pemain yang dibutuhkan timnas.
Sebelum menangani timnas Argentina, Tata Martino pernah berkarier di Paraguay dan Barcelona. Ia dipuji ketika Paraguay tampil luar biasa di Piaal Dunia 2010. Sementara ketika di Barca, Martino memperoleh gelar Piala Super Spanyol 2013. Sialnya, julukan Mr. Runner-Up terlanjur melekat pada Martino, karena di satu-satunya musim di klub Catalan, ia cuma membawa Barca jadi peringkat kedua La Liga dan finalis Copa del Rey.

ankaraeskortr.com richuse Sumber: Sidomi