Hasil Euro 2016 Tadi Malam: Italia vs Swedia 1-0, Eder Kirim Azzurri ke 16 Besar

richuse

Azzurri bukan cuma melanjutkan catatan clean sheet mereka di laga kedua Piala Eropa 2016 pada Jumat, 17 Juni 2016. Tetapi juga meraih kemenangan kedua yang memastikan mereka lolos ke 16 besar. Skor Italy vs Sweden yang membawa Azzurri masih ada di puncak klasemen Grup E ditentukan oleh Eder dua menit jelang bubaran.
Bermain di Stadium Municipal (Toulouse), Italia yang sebelumnya sukses menumbangkan Belgia 0-2 di laga perdana, turun dengan formasi yang sama, 3-5-2. Namun kali ini Alessandro Florenzi dipercaya sebagai starter daripada Matteo Darmian. Sial hal tersebut tidak cukup membuat Azzurri impresif di paruh pertama. Swedia pun sama, keduanya terjebak dalam permainan yang kaku.

Menit 10, Italia punya peluang ketika kerjasama Daniele de Rossi dan Marco Parolo berbuah umpan untuk Florenzi. Namun upayanya menembak terbendung dan meluncur pada tangkapan Andreas Isaksson. Swedia tidak mau kalah. Belum juga mencetak gol murni di Euro 2015, kesempatan datang di menit 18. Tapi aksi Kim Kallstrom diantisipasi dengan cekatan oleh Gianluigi Buffon.
Kebekuan berlangsung hingga turun minum. Italia lantas berusaha lebih aktif. Menit 59, Parolo kehilangan momentum ketika bola kontrolannya malah keluar garis. Selang lima menit, Antonio Candreva beraksi. Tembakannya masih tepat ke arah Isaksson. Azzurri mulai meyakinkan, tetapi kemudian kejadian paling ajaib berlangsung pada menit 72.

Umpan silang Swedia dari sisi kanan pertahanan Italia, semestinya bisa ditembakkan Ibrahimovic ke gawang kosong. Entah mengapa bola terbang jauh. Beruntung bagi Ibra, wasit menyebut terjadi off side sehingga kesalahannya tidak terlalu telak. Sementara itu, Antonio Conte tidak mau diam saja. Setelah Simone Zaza, Thiago Motta juga dimasukkan.
Menit 82, umpan dari kanan kotak penalti Swedia disambut oleh Parolo. Namun kali ini keberuntungan tidak berpihak padanya karena mistar gawang menghalau kesempatan emas itu. Di saat Italia seperti kehilangan kesaktian, mereka kembali menunjukkan serangan kilat mematikan. Lemparan ke dalam Giorgio Chiellini ditanduk oleh Zaza ke jalur Eder. Sang penyerang Inter Milan merangsek ke kotak penalti Swedia lantas mengirim gol pembunuh di menit 88.
Masih ada peluang yang dimentahkan sendiri oleh Parolo. Juga insiden kalaAndreas Granqvist terjatuh di kotak penalti Azzuri yang tak digubris wasit. Tetapi Italia terlanjur mengamankan skor. 1-0, dan Azzurri menjaga asa keluar sebagai juara grup E.

Swedia (4-4-2): Isaksson, Johansson, Lindelof, Granqvist, Olsson, Larsson, Ekdal (Lewicki 81), Kallstrom, Forsberg (Durmaz 79), Guidetti (Berg 85), Ibrahimovic.
Italia (3-5-2): Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Candreva, Parolo, De Rossi (Thiago Motta 74), Giaccherini, Florenzi (Sturaro 85), Pelle (Zaza 61), Eder.
Gol: Eder 88

ankaraeskortr.com richuse Sumber: Sidomi